Pemampatan Citra (Kompresi Citra)

Berhubung dengan adanya tugas dari makul Pengolahan Citra. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Pemampatan citra. Pemampatan Citra atau Kompresi Citra adalah aplikasi kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital dengan tujuan untuk mengurangi redundansi dari untuk mengurangi redundansi dari data-data yang terdapat dalam citra sehingga dapat disimpan atau ditransmisikan secara efisien. Pemampatan citra bertujuan meminimalkan kebutuhan memori untuk merepresentasikan citra digital dengan mengurangi duplikasi data di dengan mengurangi duplikasi data di dalam citra sehingga memori yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit daripada representasi citra semula.


Manfaat Pemampatan Citra :
  • Waktu pengiriman data pada saluran komunikasi data lebih singkat
Contoh : pengiriman gambar dari fax, video conferencing, handphone, download dari internet, pengiriman data medis, pengiriman internet, pengiriman data medis, pengiriman dari satelit, dsb
  • Membutuhkan ruang memori dalam storage lebih sedikit dibandingkan dengan citra yang tidak dimampatkan
Teknik Pemampatan Citra :
  •  Loseless Compression
  1. Teknik kompresi citra dimana tidak ada satupun informasi citra yang dihilangkan.
  2. Biasa digunakan pada citra medis. Biasa digunakan pada citra medis.
  3. Metode loseless : Run Length Encoding, Entropy Encoding (Huffman, Aritmatik), dan Adaptive Dictionary Based (LZW)
  • Lossy Compression
  1. Ukuran file citra menjadi lebih kecil dengan menghilangkan beberapa informasi dalam citra asli.
  2. Teknik ini mengubah detail dan warna pada file citra menjadi lebih sederhana tanpa terlihat citra menjadi lebih sederhana tanpa terlihat perbedaan yang mencolok dalam pandangan manusia, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.
  3. Biasanya digunakan pada citra foto atau image lain yang tidak terlalu memerlukan detail citra, dimana kehilangan bit rate foto tidak berpengaruh pada citra.
  • Teknik Kompresi GIF
  1. GIF (Graphic Interchange Format) dibuat oleh Compuserve pada tahun 1987 untuk menyimpan berbagai file bitmap manjadi file lain yang mudah diubah dan ditransmisikan pada jaringan diubah dan ditransmisikan pada jaringan komputer .
  2. GIF merupakan format citra web yang tertua yang mendukung kedalaman warna sampai 8 bit (256 warna), menggunakan 4 langkah interlacing, mendukung transparency, dan mampu menyimpan banyak image dalam 1 file.
  • Teknik Kompresi PNG
  1. PNG (Portable Network Graphics) digunakan di Internet dan merupakan format terbaru setelah GIF, bahkan menggantikan GIF untuk Internet image karena GIF terkena patent LZW yang image karena GIF terkena patent LZW yang dilakukan oleh Unisys.
  2. Menggunakan teknik loseless dan mendukung: Kedalaman warna 48 bit, Tingkat ketelitian sampling: 1,2,4,8, dan 16 bit, Teknik pencocokan warna yang lebih canggih dan akurat.
  • Teknik Kompresi JPG
  1. JPEG (Joint Photograpic Experts Group) menggunakan teknik kompresi lossy sehingga sulit untuk proses pengeditan.
  2. JPEG cocok untuk citra pemandangan (natural • JPEG cocok untuk citra pemandangan (natural generated image), tidak cocok untuk citra yang mengandung banyak garis, ketajaman warna, dan computer generated image.
  • JPEG 2000
  1. Adalah pengembangan kompresi JPEG.
  2. Didesain untuk internet, scanning, foto digital, remote sensing, medical imegrey, perpustakaan digital dan ecommerce.
  3. Dapat digunakan pada bit-rate rendah sehingga dapat digunakan untuk network image dan remote dapat digunakan untuk network image dan remote sensing.
  4. Menggunakan Lossy dan loseless tergantung kebutuhan bandwidth. Loseless digunakan untuk medical image.
  5. Transmisi progresif dan akurasi & resolusi pixel tinggi.
  • Teknik Kompresi TIFF
  1. TIFF (Tagged Image File Format)
  2. Dikembangkan oleh Aldus Corporation, tahun 80-an
  3. Dalam perkembangannya didukung oleh • Dalam perkembangannya didukung oleh Microsoft
  4. Mendukung adanya pengalokasian untuk informasi tambahan (tag)>fleksibel
  5. Dapat menyimpan berbagai tipe gambar : 1 bit, grayscale, 8 bit, 24 bit RGB, dll
Sekian sedikit penjelasan dari Pemampatan/Kompresi Citra. Terimakasih.. ^_^

0 comments:

Post a Comment